Langsung ke konten utama

Komunitas Seru

Bulan ini keren banget. Tiap akhir pekan ada event Pasar Hobi 2017 di PGC. Di event ini kita bisa baca buku gratis, ketemu berbagai komunitas seru, menambah wawasan juga ikut donasi "1000 buku anak untuk Indonesia". Disini saya ingin mengenalkan tiga komunitas yang menginspirasi.  

1. Peri Kertas

Saya langsung melirik robot Iron Man saat baru tiba di event ini. Robot ini asli dari kertas. "Gila, cerdas banget yang buat!" pikir saya. Saya berbincang-bincang dengan Mas Rauf yang merupakan pendiri komunitas Peri Kertas ini. Semakin panjang obrolan kami, semakin kagum saya akan komunitas ini. Dasar dari kerajinan kertas adalah origami dari Jepang. Jika origami menggunakan teknik lipat saja, Peri Kertas menggabungkan teknik lipat, potong dan tempel yang dinamakan ichinogami. Misi utama komunitas ini adalah mengedukasi masyarakat mengenai seni kertas. Kita bisa mendapatkan tutorial gratis, download desain bahkan buat sendiri produknya. Syaratnya hanya satu, produk yang kita buat tidak diperjualbelikan. Monetize komunitas ini adalah melalui kerjasama dengan perusahaan-perusahaan besar. Sudah banyak penghargaan yang didapatkan oleh komunitas ini, termasuk penghargaan MURI atas kerajinan kertas tertinggi, 9,6 m. Keren kan?! Untuk tahu lebih jauh mengenai komunitas ini, silahkan mengunjungi webnya di perikertas.com.

2. Indies Community 

Apa yang kebayang kalau ngomongin indigo? Wih serem ya? Nyatanya ketika saya berinteraksi dengan orang-orang dari komunitas ini tidak semenyeramkan itu. Mereka justru mengajak kita untuk open minded. Indigo adalah istilah yang digunakan untuk mendeskripsikan orang yang diyakini memiliki kemampuan atau sifat yang spesial, tidak biasa, dan bahkan supranatural. Di stand komunitas ini kamu bisa 'dibaca' dan curhat. Kamu tidak perlu membenarkan semua perkataan sang 'pembaca'. Saya dan teman-teman lebih mengajak berdiskusi untuk menambah wawasan dibandingkan mereka-reka masa depan yang memang tidak pasti. Komunitas ini mempunyai grup di Facebook dan setiap bulan mengadakan kopi darat.

3. Kubbu 

Kubbu adalah komunitas pecinta buku dan blogging. Komunitas ini didirikan di akhir tahun 2015. Walaupun terbilang masih muda, komunitas ini aktif mengadakan program-program yang memberdayakan baik untuk anggota maupun untuk umum. Program tersebut diantaranya pelatihan tentang blogging, bedah buku, napak tilas berdasarkan buku, pengumpulan donasi buku untuk anak, dll. Salah satu program internal yang tidak kalah menarik adalah arisan blog dimana semua anggota didorong untuk menulis blog dan saling mengomentari. Kamu bisa main ke akun Instagramnya di kubbu_bpj,

Masih banyak komunitas seru yang memeriahkan event ini. Ada baiknya kamu datang dan ketemu langsung orang-orang dari komunitas yang menarik buat kamu di event ini. Hanya bulan ini lho :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

18. Orang Sulit

Pernah mengeluhkan orang lain? Sampai berkali-kali atau malah sampai benci? Mungkin mereka orang yang sulit. Atau malah kita sendiri orang yang sulit menurut orang lain? Apa sih yang dimaksud orang yang sulit? 

Membayangkan orang yang sulit rasanya melelahkan berurusan dengan orang seperti ini. Males deh kalau sama dia. Begitu kira-kira ungkapan kita ketika mengingat orang yang sulit. Definisi orang yang sulit bagi masing-masing orang bisa berbeda-beda. Orang yang simpel bisa menjadi orang yang sulit bagi orang yang perfeksionis dan sebaliknya. Orang yang saklek bisa menjadi orang yang sulit bagi orang yang fleksibel dan sebaliknya. Ketika perbedaan ini selalu dijadikan alasan untuk berkonflik, itulah saat seseorang menjadi orang yang sulit. Ia selalu berkonflik dengan orang lain, buat ribet atau cari ribut. Kebalikan orang sulit adalah orang yang cair, mudah sekali berharmoni dengan orang lain.
Tidak jarang saya mendengar keluhan teman-teman saya tentang kekasih mereka. 
“Cowok gw p…

Saling Memanfaatkan

Kamu pernah merasa sedang di atas? Tempat yang tinggi? Baik secara fisik maupun rasa. Semua orang pasti pernah ya. Saya sendiri merasa betapa banyak orang yang bersama saya ketika di atas. Seakan-akan mereka semua dekat dengan saya dan begitu menyayangi saya. Saya bersyukur. Sayangnya saya juga pernah di bawah. Kata orang kalau di bawah banyak orang pergi meninggalkan, ya biarkan saja. Kamu tahu tidak, hakikat dari semua pertemanan, persahabatan, atau hubungan? Tidak lain dan tidak bukan, hakikatnya adalah rasa saling memanfaatkan. 
Apa hubungan manusia yang paling tulus menurutmu? Menurut saya, hubungan orang tua dengan anaknya. Hakikat hubungan itu tetap saja rasa saling memanfaatkan. Bagaimana bisa?
Contoh kecil saja, ketika orang tua mengatakan, "Ibu dan Ayah tidak mengharapkan apa-apa darimu, Nak." Coba deh kamu pikirkan, paling tidak setiap orang tua mengharapkan anaknya menjadi orang yang baik, bukan? Lalu jika orang tua berkata, "Ibu dan Ayah mengharapkanmu men…

Good Vibes

Kamu pernah gak ketemu orang baru dan ngerasa klop banget sampai bisa ngobrol ngalor-ngidul seperti sudah lama kenal? Atau pernah gak lihat seorang stranger dan bawaannya sebel aja padahal kenal juga nggak? They call it vibes. Vibes tidak lain adalah energi. Pasti sudah pernah ya dengar hukum kekekalan energi yang menyatakan bahwa jumlah energi dari sebuah sistem tertutup itu tidak berubah—ia akan tetap sama. Energi tersebut tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan; namun ia dapat berubah dari satu bentuk energi ke bentuk energi lain. Nah, setiap manusia punya vibes ini. Umumnya good vibes akan menarik hal-hal baik dan bad vibes akan menarik hal-hal yang tidak baik. Teorinya sama dengan yang dibahas di salah satu buku best seller, Quantum Ikhlas. Kabar baiknya adalah kita bisa mengubah vibes kita dan melatihnya untuk selalu jadi good vibes.
Salah satu faktor utama yang mempengaruhi vibes kita adalah lingkungan. Lingkungan kita memberi pengaruh besar terhadap kita. Bukan hal yang tida…