Langsung ke konten utama

Dek Avi

Saya mempunyai keponakan dari sepupu saya. Keponakan cewek namanya Avi. Saya memanggilnya dek Avi. Ia memanggil saya ante bukan tante. Umurnya 1.5 tahun. Badannya mungil dan rambutnya jarang. Ia tidak bisa diam, lincah sekali.

Saat acara nikahan sepupu, saya bertemu lagi dengan keponakan saya yang lucu ini. Saya menggodanya. Ia takut dan malu-malu. Saya berusaha mencuri perhatiannya dengan mengajaknya ngobrol, foto, dll. Ia mulai menyukai saya dan mau mendekat. Saya menggendongnya. Ia senang sekali dan tak mau lepas. Saya memakai pashmina saat itu dengan bros. Ia memainkan bros saya sampai lepas. Ia tak bisa diam walaupun digendong, khas anak-anak yang begitu berenergi. Pashmina saya jadi berantakan dan tidak jelas bentuknya. Hehe! 

Acara akad segera dimulai. Saya mengajaknya ke ayahnya. Ia tidak mau lepas dan menangis. Ia tetap mau dengan saya. Duh, kasihan! Sementara itu, mamah saya sudah memanggil-manggil saya. Akhirnya, ia diambil ayahnya dengan paksa. Maaf ya dek Avi. Saya pun merapihkan pashmina saya. Saya menyaksikan akad dan mengambil beberapa foto. 

Selesai akad, saya dan keluarga besar saling bercengkrama. Kami masih harus berada disana sampai acara selesai. Saya bertemu dek Avi lagi dan ia merengek menunjuk ke arah saya. Ia minta digendong lagi. Dengan senang hati saya menggendongnya dan mengajaknya main. Mamah saya menghampiri saya. Ia lebih suka saya bercengkrama dengan yang lain daripada momong anak kecil. Hehe! Mamah saya berusaha mengambilnya. Ia merengek tidak mau. Saya tetap menggendongnya. Saya suka menggendongnya, walaupun berat juga menggendong balita lama-lama. Saya masih mengajaknya main. Beberapa saat setelah itu, ia lapar. Saya mengembalikannya ke sepupu saya.

Saya jadi tahu sekarang kenapa ibu-ibu tidak betah lama-lama di pesta dengan anak kecilnya. Anak menjadi fokus yang paling utama bagi seorang ibu apapun yang sedang dilakukannya. Seorang ibu tidak bisa mementingkan dirinya sendiri dengan tetap tampil cantik untuk bercengkrama dengan yang lain sementara anaknya tak terjaga. Anak dengan energi yang besar, tapi tidak bisa lepas dari ibunya bisa membuat sang ibu kewalahan. Bukan nakal, anak yang lincah adalah karena ia punya rasa penasaran yang besar. Ia bisa menuruti orang tertentu dan mengacuhkan yang lainnya. Tentu saja anak kecil bisa peka merasakan mana orang yang benar-benar menyukai dan menjaganya mana yang tidak. Dek Avi, sehat-sehat yaa.. :)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

18. Orang Sulit

Pernah mengeluhkan orang lain? Sampai berkali-kali atau malah sampai benci? Mungkin mereka orang yang sulit. Atau malah kita sendiri orang yang sulit menurut orang lain? Apa sih yang dimaksud orang yang sulit? 

Membayangkan orang yang sulit rasanya melelahkan berurusan dengan orang seperti ini. Males deh kalau sama dia. Begitu kira-kira ungkapan kita ketika mengingat orang yang sulit. Definisi orang yang sulit bagi masing-masing orang bisa berbeda-beda. Orang yang simpel bisa menjadi orang yang sulit bagi orang yang perfeksionis dan sebaliknya. Orang yang saklek bisa menjadi orang yang sulit bagi orang yang fleksibel dan sebaliknya. Ketika perbedaan ini selalu dijadikan alasan untuk berkonflik, itulah saat seseorang menjadi orang yang sulit. Ia selalu berkonflik dengan orang lain, buat ribet atau cari ribut. Kebalikan orang sulit adalah orang yang cair, mudah sekali berharmoni dengan orang lain.
Tidak jarang saya mendengar keluhan teman-teman saya tentang kekasih mereka. 
“Cowok gw p…

Saling Memanfaatkan

Kamu pernah merasa sedang di atas? Tempat yang tinggi? Baik secara fisik maupun rasa. Semua orang pasti pernah ya. Saya sendiri merasa betapa banyak orang yang bersama saya ketika di atas. Seakan-akan mereka semua dekat dengan saya dan begitu menyayangi saya. Saya bersyukur. Sayangnya saya juga pernah di bawah. Kata orang kalau di bawah banyak orang pergi meninggalkan, ya biarkan saja. Kamu tahu tidak, hakikat dari semua pertemanan, persahabatan, atau hubungan? Tidak lain dan tidak bukan, hakikatnya adalah rasa saling memanfaatkan. 
Apa hubungan manusia yang paling tulus menurutmu? Menurut saya, hubungan orang tua dengan anaknya. Hakikat hubungan itu tetap saja rasa saling memanfaatkan. Bagaimana bisa?
Contoh kecil saja, ketika orang tua mengatakan, "Ibu dan Ayah tidak mengharapkan apa-apa darimu, Nak." Coba deh kamu pikirkan, paling tidak setiap orang tua mengharapkan anaknya menjadi orang yang baik, bukan? Lalu jika orang tua berkata, "Ibu dan Ayah mengharapkanmu men…

Alternatif Homeschooling

Hari ini hari Senin dan hari pertama anak-anak masuk sekolah. Orang tua yang mengantar melihat anak-anak mereka berbaris untuk melaksanakan upacara. Puluhan motor dan mobil parkir di depan pagar dan bangunan sekolah. Lalu lintas menjadi sangat padat hari ini. Di tengah kemacetan, saya teringat sebuah surat kepala sekolah yang sempat viral beberapa waktu lalu.
"Di tengah-tengah para pelajar yang menjalani ujian itu, ada calon seniman yang tidak perlu mengerti Matematika. Ada calon pengusaha yang tidak butuh pelajaran Sejarah atau Sastra. Ada calon musisi yang nilai Kimia-nya tidak berarti. Ada calon olahragawan yang lebih mementingkan fisik daripada Fisika. Ada calon fotografer yang lebih berkarakter dengan sudut pandang art berbeda yang tentunya ilmunya bukan dari sekolah ini."
Diakui atau tidak, sistem pendidikan kita memang belum efektif merumuskan ukuran untuk mengidentifikasi bakat seorang anak dan memenuhi kebutuhan pembelajarannya. Banyak lulusan yang bingung mencari p…